Pohon Inspirasi

Mar 27

Pohon, makhluk Tuhan yang luar biasa memberikan keteduhan bahkan pada orang yang akan menebangnya. Pohon Inspirasi akan memberikan keteduhan pada siapapun dengan berbagi cinta dan kebaikan. (by Pohon Inspirasi)

Baru-baru ini saya dapat kiriman dari Komunitas Pohon Inspirasi di Bogor, sebuah CD berisi kegiatan dan edukasi, beberapa pin dan stiker. Bagus sekali! Seneng deh.

Kayaknya udah hampir setahun deh (kalau ga salah) saya berinteraksi dengan komunitas PI ini. Awalnya sih sekedar ngobrol dengan perintisnya via facebook sambil bertukar-pikiran tentang tulisan beliau. Beliau itu rajin sekali nulis bertemakan inspirasi dari pohon dan tanaman lainnya. Tulisannya bagusssss, bener-bener inspiratif. Lambat laun group di FB ini semakin banyak anggotanya dan mulai mengadakan kegiatan di real seperti penanaman pohon, pembuatan biopori, edukasi tentang alam dan lingkungan, bahkan wisata alam menyusuri daerah tepi sungai! Duh pengen bener rasanya ikutan acaranya, tapi sayang jauh.

Meskipun awalnya sekedar biasa-biasa saja, lama-lama saya pun juga tergerak untuk berbuat, paling ngga ya buat diri kita sendiri aja dulu kan. Selain terinspirasi dari PI, saya juga pernah sesekali nyobain maen game farmville (tau kan game berkebun itu? hehe). Plus ada beberapa teman farmville saya yang juga punya kebun mini di halaman rumahnya. Nah, alhasil saya dan orang rumah mulai rajin nanem-nanem lagi. Meski sebelumnya sih udah ada pohon mangga dan jambu yah di halaman belakang, trus bunga-bunga ibu saya di halaman depan, tapi tetep aja rasanya pengen nanem yang lain. Ya udah deh jadilah saya bikin farm sendiri di rumah.

Saat ini sudah ada beberapa jenis pohon yang masih seedling alias masih usia dini, beberapa di antaranya Jaboticaba (anggur brazil) dan Tin. InsyaAllah ntar mau tambah lagi jenis lain. Dalam pikiran saya, saya pengen ngumpulin aneka jenis tanaman buat indukan dan koleksi (tentunya buahnya buat dimakan lah hihi), jadi ntar kalo udah punya rumah sendiri, saya tinggal ambil saja anaknya dari rumah orangtua trus tanem deh di rumah kita. Seru kan! ^_^

Selain itu, ada banyak hadits di dalam Islam yang menjelaskan tentang keutamaan menanam pohon sebagai sebuah sedekah jariyah (pahalanya tidak putus-putus).

Dari Jabir bahwasannya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menemui Ummu Mubasyir Al Anshariyah di kebun kurma miliknya, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya: “Siapakah yang menanam pohon kurma ini? Apakah ia seorang muslim atau kafir? Dia menjawab, “Seorang Muslim.” Beliau bersabda: “Tidaklah seorang Muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman lalu tanaman tersebut dimakan oleh oleh manusia, binatang melata atau sesuatu yang lain kecuali hal itu berniali sedekah untuknya.”

Di dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan menanam pohon, bahkan ketika kiamat sudah tegak.

“Jika hari kiamat telah tegak, sedang di tangan seorang di antara kalian terdapat bibit pohon kurma; jika ia mampu untuk tidak berdiri sampai ia menanamnya, maka lakukanlah.” [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (3/183, 184, dan 191), Ath-Thoyalisiy dalam Al-Musnad (2068), dan Al-Bukhoriy dalam Al-Adab Al-Mufrod (479). Hadits ini di-shohih-kan oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Ash-Shohihah (no. 9)]

Masya Allah, begitu besarnya keutamaan menanam pohon itu yah, bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkali-kali kita temukan menganjurkan untuk menanam tanaman. Saya semakin bersemangat untuk menanam pohon! Bagaimana dengan anda? ^_^

advertisement

2 komentar

  1. Terima kasih Bu Evyta, sudah memasukkan PI di Blog-nnya

    • @pak Siddik, sama-sama pak…sekedar sharing kesan terhadap PI, semoga semakin berkembang PI-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>