Beach Cherry

Sep 19

Sudah lama juga tidak berbagi kisah tentang keluarga para pohon, ya? Sayanya lagi repot mau nulis-nulis, jadinya belum sempat-sempat deh mau update kabar keluarga pohon (alesannnn aja, emang dasarnya males nulis kaliiii :P ). Sebenarnya ada banyak anggota baru saat ini, tapi untuk kali ini, saya ceritakan tentang kabar keluarga si Becy saja dulu yaaa….

Nah, bulan April 2012 lalu, rumah saya kedatangan anggota baru, namanya Becy. Dia adalah keluarga pohon Beach Cherry. Kebetulan pada bulan itu saya menemukan nursery bibit pohon yang baik hati dari Bogor. Harga bibit pohonnya sangat terjangkau. Alhasil, Beach Cherry itu berhasil diboyong ke rumah di Medan seharga 40rb rupiah, dan kabar baiknya, bibit yang dikirim itu ternyata sudah menggendong bakal bunga.

Beach Cherry merupakan salah satu varian pohon Cherry yang buahnya paling manis di antara varian yang lain (katanya sih begitu). Varian ini biasa juga disebut dengan nama lainnya “Cedar Bay Cherry”. Habitat aslinya biasa ditemui di hutan hujan tropis seperti Indonesia, Australia, Queensland atau kepulauan Pasifik (Sumber: Wikipedia).

Pohon Beach Cherry

Pohon Beach Cherry

Asal bibitnya dari biji. Saat ini usianya sudah 1 tahun 4 bulan kurang lebih. Buah mudanya berwarna hijau. Jika sudah akan matang, buahnya akan berubah menjadi oranye dan kemudian menjadi merah mengkilat. Rasanya ternyata enak juga, manis dan segar. Saat ini adalah periode kedua si Becy berbuah. Awal berbuah dulu masih banyak yang gugur, setelah rajin dipupuk, baru deh buahnya besar dan matang.

Pohon Beach Cherry ini adaptif untuk daerah panas maupun dingin, jadi bisa ditanam di mana saja. Saya sendiri tinggal di Medan yang cuacanya cenderung panas. Sangat mudah dipelihara, ga rewel dan ga ribet. Cukup rutin disiram, dia suka sekali diguyur air, jangan sampai kering media tanamnya. Kalau mau pohonnya rimbun dan banyak cabang, cukup dipotesin saja tunas mudanya agar keluar cabang dan daun baru. Saya dikasih tahu teman nih tips ini.

Untuk pemupukan, biasanya saya siram air rendaman kotoran kambing, sesekali dikasih MOL nasi juga. Bisa juga dipupuk di permukaan media dengan pupuk kandang, kompos, atau disiram pupuk cair. Kalau sehabis nyuci beras, air cuciannya saya siramkan juga ke pohon Beach Cherry ini. Alhamdulillah, subur juga ya, Allah memberikan kemudahan agar si Becy tumbuh besar.

Untuk perbanyakannya, kata teman-teman saya, Beach Cherry ini lebih mudah diperbanyak lewat biji ketimbang stek atau cangkok yang akarnya akan sangat lama keluar. Nah, kalau kita ingin memperbanyak pohon Becy di rumah, semai saja biji dari buah yang matang. Biasanya 1 tahun lebih sudah belajar berbuah (katanya). Ga ada salahnya dicoba, kan? Selain buahnya manis, pohon ini juga cantik lho untuk dijadikan elemen penghias taman atau teras rumah.

Ini nih foto si Becy saat buahnya masih hijau dan yang sudah matang. Cantikkkkkkk…

Buah muda Beach Cherry

Buah muda Beach Cherry

Buah Beach Cherry Matang

Buah Beach Cherry Matang

Huhuhu…menggiurkan ya liat merahnya merona, berkilauan lagi. Ini saya harus berlomba dengan keluarga ayam untuk mengambil buahnya. Pasalnya si ayam kadang suka ngeduluin, tau-tau buahnya udah tinggal dikit aja. Tadi aja ilang 3 buah, pas ayam-ayam sedang dilepas ke halaman berumput. Ya udah, habis deh, emang rezekinya si ayam. Semoga jadi sedekah :)

Sekian dulu kabar dari Saung Hara, nantikan kabar keluarga pohon selanjutnya yang ga kalah menyenangkan ya! :)

NB: Ini postingan lama bulan Mei yang diupdate lagi hehe… ceritanya baru dapat foto si Becy yang lebih bagus dan baru belajar bikin watermark foto yang lebih cakep (ceileh…)

advertisement

9 komentar

  1. aduh, banyak bakal buahnya. itu pake mol juga ya mbak?

    • Evyta Ar /

      belum saya update ternyata postingan ini. iya mbak banyak banget, sekarang lagi berbuah lagi nih lumayan juga jumlahnya, rasanya manis kalo udah matang sempurna warna merah agak tua. saya kasih siraman air rendaman pupuk kandang mbak, sesekali saya kasih mol juga

  2. Mbak Evyta yg di grup HerbaKuliner kan?wah lagi brosing cari refrensi beach cherry ni mbak. Bisa ditanam didaerah panas nggak ya mbak.kalo dari namanya sih kayaknya bisa ya?
    main ke blog saya ya mbak
    kapsulwaktutumi.blogspot.com

    • Evyta Ar /

      iya mbak Nurul, saya yang di SHK juga ^_^
      bisa banget mbak. saya kan di Medan nanemnya, daerahnya sering panas juga. Beach cherry bisa di mana aja, bandel tanamannya. barusan udah jalan-jalan ke blognya, informatif sekali, saya link ya di blogroll :)

  3. foto2nya bagus mbak! tajam dan fokus..
    webnya yg ini isinya personal y mba? salam kenal ya dri fily

    • Evyta Ar /

      makasih, mbak Fily, udah mampir. iya, ini blog personal catatan sehari-hari. salam kenal juga ya… :)

  4. mbak belinya dimana di bogornya saya berminat punya pohon itu
    terima kasih

  5. “Kalau mau pohonnya rimbun dan banyak cabang, cukup dipotesin saja tunas mudanya agar keluar cabang dan daun baru”

    Dipotes itu maksudnya bagaimana ya mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>